Mobil

Published in Mobil

Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Dec 06, 2016 Hit: 3937 Written by 
Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan

Sejak awal tahun berembus kabar bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan PT Astra Daihatsu Motor sedang mempersiapkan LCGC (Low Cost Green Car) terbaru dengan model MPV. Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut.

Sama dengan Toyota Agya, nama Toyota Calya mengambil dari bahasa Sansekerta. Dari hasil penelusuran kami, Calya berarti tanpa cacat. Nama ini umum dipakai untuk nama anak perempuan. Mungkin ini sebagai penggambaran Toyota Calya sebagai bayi baru Toyota yang sempurna dan tanpa cacat.

Tampangnya terlihat sederhana dengan gril yang mirip dengan Toyota Avanza, tetapi sewarna dengan bodi dan bukan kelir krom. Sementara bumper trapezoidal dengan garis-garis tegas menjadi ciri khas Toyota seperti yang digunakan pada Toyota Vios dan Yaris.

Memang dari foto ini hanya tampak depan dan agak sulit untuk menebak apakah ini model MPV atau city car. Tetapi dilihat dari tingginya serta kabin di balik kaca depan terlihat ada tiga baris bangku yang mengindikasikan inilah MPV LCGC dari Toyota. Bagaimana dengan spesifikasinya? Tunggu lanjutan berita kami.

Kami prediksi MPV LCGC ini akan menggunakan mesin berkode 3NR-FE yang juga digunakan oleh Toyota Etios Valco. Ada kemungkinan besar mesin untuk pesaing Datsun Go+ Panca ini telah dikembangkan menggunakan teknologi Dual VVT-i seperti sang kakak, Toyota Avanza.

Adapun tenaga maksimum dari mesin Toyota Etios Valco yang berkapasitas 1.197 cc ini mencapai 80 dk dengan torsi 104 Nm. Meski begitu karena memiliki dimensi yang lebih panjang dan bobot lebih berat, tenaga dan torsi seharusnya lebih besar. Terlebih teknologi Dual VVT-i mestinya mampu mendongkrak tenaga serta membuat konsumsi BBM tetap irit. Transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed dirasa cukup untuk MPV baru ini.

Last modified on Tuesday, 06 December 2016 10:32
Read 3937 times
Rate this item
(0 votes)

K2 Tags

K2 Calendar

« October 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Sering Dibaca

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction