Finansial

Published in Finansial

LPDB Tawarkan Bank Nagari Jadi Fasilitator Dana Bergulir di Sumbar

Jul 27, 2017 Hit: 27 Written by  Syarif
Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Warso Widanarto memberikan sosialisasi tentang dana bergulir LPDB pada acara Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Tahun 2017, Rabu (26/7/2017)
Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Warso Widanarto memberikan sosialisasi tentang dana bergulir LPDB pada acara Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Tahun 2017, Rabu (26/7/2017) Foto Dok.LPDB KUMKM

Jakarta,visioneernews- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) ingin menjadikan Bank Nagari sebagai fasilitator penyaluran dana bergulir kepada pelaku usaha sektor perikanan di wilayah Sumatera Barat. LPDB membutuhkan mitra strategis untuk menyalurkan dana bergulir yang jumlahnya mencapai Rp 1,5 triliun.

 

"Bagi kami mendistribusikan (dana bergulir) ini kepada para UKM, khususnya sektor kelautan dan perikanan, perlu ada fasilitator," kata Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Warso Widanarto di sela acara Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Tahun 2017 di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial; Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM, Sutowo; Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno; Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PT PNM, Arief Mulyadi; Direktur Utama Bank Nagari, Dedy Ihsan; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri; serta para SKPD dan perwakilan pelaku UKM.

Dalam kerja sama yang baru akan dijajaki Bank Nagari sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) akan menjadi lembaga keuangan perantara dalam menyalurkan dana bergulir kepada mitra di Sumbar, mengingat LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM tidak memiliki kantor cabang di sana.

"Jadi kami memberikan pinjaman ke Bank Nagari untuk diteruskan kepada pelaku usaha. Itulah fungsi kemitraan kami dengan Bank Nagari. Jika Bank Nagari berminat,silakan. Kami buka kesempatan itu," imbuh Warso.

Warso mengungkapkan, LPDB-KUMKM barus sebatas mewacanakan, namun rencana kerja sama tersebut akan dapat terealisasi apabila ada permohonan resmi dari pihak Bank Nagari. Selama ini kerja sama penyaluran dana bergulir di Sumbar, LPDB melibatkan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) maupun Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

"Kami belum terima (permohonan). Jika ada permohonan dapat kami tindak lanjuti, bukan hanya Bank Nagari, tapi juga BPR dan sebagainya," katanya.

Direktur Utama Bank Nagari, Dedy Ihsan tertarik dengan rencana kerja sama kedua belah pihak. Untuk itu, dia mengaku siap, bahkan serius untuk menindaklanjuti wacana tersebut. Namun, dia enggan menyebutkan kepastian permohonan kerja sama itu diajukan ke LPDB.

"Kami siap mendukung, dan menyalurkan bagian dana bergulir dari LPDB," ujar Dedy.

Akumulasi penyaluran dana bergulir LPDB tahun 2008 hingga 25 Juli 2017 di seluruh Indonesia mencapai Rp 8,34 triliun dengan jumlah mitra sebanyak 4.293. Sedangkan khusus untuk wilayah Sumbar mencapai Rp 60,92 triliun dan jumlah mitra sebanyak 54 KUMKM.

Rencana sebaran dana bergulir di Sumbar pada tahun ini sebesar Rp 28,78 miliar kepada 11 mitra untuk 2.308 UMKM, dengan prioritas utama pada sektor kelautan dan perikanan, mengingat sebagai penyumbang terbesar bagi penyediaan lapangan kerja. (Syarif)

Last modified on Thursday, 27 July 2017 06:25
Read 27 times
Rate this item
(0 votes)

K2 Tags

K2 Calendar

« August 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Sering Dibaca

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction