Jakarta,visioneernews-Kabupaten Siak, Riau; Kabupaten Belitung, Bangka Belitung; Kabupaten Dompu, NTB; Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Utara, dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat, terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) Bekraf 2018.

IKKON merupakan program yang diluncurkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam upaya meningkatkan potensi budaya tak benda maupun produk budaya di suatu daerah.

Di era ekonomi kreatif, potensi yang ada di masing-masing daerah itu dapat menjadi inspirasi bagi para kreator dari 16 sub sektor. Melalui ekonomi kreatif, potensi lokal tersebut dapat dikembangkan bentuk dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan kekinian, sehingga pada akhirnya dapat memberi nilai tambah yang  meningkatkan nilai ekonominya.

“Indonesia memiliki potensi produk-produk kerajinan, namun tantangannya adalah produk tersebut masih bersifat tradisional, tidak dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup modern, belum berkembang, dan tidak mengalami diversifikasi produk.  Karena itu, Bekraf mencetuskan IKKON yaitu program berkelanjutan yang mengedepankan konsep kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif profesional, perajin lokal, dan segenap stakeholders lokal,” papar Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik mewakili sambutan Kepala Bekraf, Triawan Munaf dalam acara peluncuran IKKON Bekraf 2018 di Jakarta, Kamis (26/4/2018)

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Dompu, Bambang M. Yasin; Sekretaris DInas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Suryanto; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Nadar; Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Bekraf, Abdur Rohim Boy Berawi, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Poppy Savitri, Panitia Pengarah IKKON,Mizan Allan; dan 60 orang pemandu IKKON Bekraf 2018.

Tujuan program IKKON, jelas Ricky, agar potensi budaya tersebut mengalami inovasi, berdampak ekonomi, dan berorientasi pada pasar komersil. Sehingga dapat menciptakan kesejahteraan bagi para pengrajin dan pelaku kreatif, juga memberi dampak pada peningkatan ekonomi daerah.

Ki-ka: Suryanto,  Fauzi Asni,  Hermanto,  Bambang M. Yasin,  Ricky Joseph Pesik, Abdur Rohim Boy Berawi, Nadar, Poppy Savitri,  dan Mizan Allan.

Program ini telah dijalankan pada tahun 2016 dan 2017 yang telah menyentuh 51 Desa Binaan dari 10 kabupaten/kota di Indonesia. Melanjutkan perjalanan IKKON, pada tahun 2018 ini, Bekraf kembali memilih lima kabupaten/kota yang akan mengikuti pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Kriteria Daerah Peserta Program IKKON

Kelima kabupaten/kota terpilih telah melalui proses tiga tahapan yaitu, dimulai dari memilih daerah nominasi dengan persyaratan yang telah ditetapkan antara lain masuk dalam wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), termasuk dalam sepuluh destinasi pariwisata prioritas nasional, daerah yang mengirimkan banyak TKI dengan cara ilegal, serta kabupaten/kota yang sudah memiliki MoU dengan Bekraf dan sudah mengisi survey PM3KI dari Bekraf.

Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf, Abdur Rohim Boy Berawimenjelaskan bahwa pengembangan potensi ekonomi kreatif tidak hanya berbasis urban, digital, dan akademis, tetapi juga komunitas, di mana peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi.

Hasil kerajinan ekonomi kreatif yang dipamerkan di IKKON Bekraf 2018

Bagi daerah terpilih kami telah merancang program pengembangan yang terdiri dari empat  bagian penting yaitu mapping, design process, prototyping, dan pameran inspirasi lokal.

“Tidak hanya itu, Bekraf juga memfasilitas pengembangan dalam bidang pemasaran dan promosi,” jelas Boy Berawi.

Dalam pelaksanaan program IKKON 2018, Bekraf dan tim profesional yang terdiri dari mentor, desainer (produk, interior, fashion, tekstil, komunikasi visual), arsitek, koreografer tari, fotografer, videografer, antropolog, dan business developer akan dikirim ke berbagai titik desa binaan dari lima kabupaten/kota terpilih.

Dengan konsep live in designer di mana tim akan berinteraksi dengan masyarakat lokal untuk menggali potensi kreatif daerah. Dari kolaborasi bersama perajin dan stakeholder lokal akan menghasilkan sebuah inovasi yang merupakan ikon baru produk kreatif daerah tersebut.

Sejak tahun 2016 hingga 2017 IKKON telah berhasil membina 10 kabupaten/kota, 51 Desa Binaan, 2000 pelaku kreatif lokal, dan 120 peserta IKKON.

Sementara itu, Bupati Dompu dan keempat kepala dinas pariwisata dari Kabupaten Siak Kabupaten Belitung, Kabupaten Wakatobi, dam Kota Singkawang merasa bersyukur daerahnya terpilih sebagai daerah binaan dalam program IKKON Bekraf 2018.

Mereka mengungkapkan akan melakukan kajian pemilihan potensi unggulan dari berbagai macam potensi yang ada di daerahnya masing-masing untuk selanjutnya dimasukkan dalam program binaan IKKON Bekraf 2018. (Syarif)

e-max.it: your social media marketing partner

Jakarta,visioneernews-Aktif mendokumentasikan berbagai kegiatannya di media sosial, aktivitas selebriti multitalenta Prilly Latuconsina memang selalu menarik untuk diikuti. Prilly yang mengaku doyan selfie rajin berfoto ria di depan kamera Vivo V9 Cool Blue.

Selebriti cantik yang didaulat sebagai Product Ambassador dan Perfect Selfie Icon untuk flagship smartphone vivo V9 ini pun aktif ikut memperkenalkan seri ekslusif vivo V9 Cool Blue Limited Edition  melalui media sosial pribadinya.

Tampil stylish dengan outfit modern nan elegan,  Prilly menunjukkan bahwa smartphone vivo berwarna biru safir ini bisa jadi pelengkap gaya dengan desainnya yang fashionable.

Apa saja keungggulan Vivo V9 Cool Blue Ini? Salah satu vivo V9 Product Ambassador dan Perfect Selfie Icon,  Prilly Latuconsina berbagi pendapatnya

Bagi Prilly, Desain 3D dan warna cool blue menjadi warna favorit di antara dua  pilihan warna lainnya, black dan gold. Desainnya yang atraktif membuat Prilly rela menunggu V9 Cool Blue yang merupakan seri terbatas yang resmi tersedia April ini.

“Ketika awal photoshoot untuk vivo V9, aku sudah suka banget dengan warnanya. Di antara tiga warna, yang cool blue memang yang paling aku tunggu,” kata Prilly.

Prilly yang mengaku senang selfie, kamera depan vivo V9 Cool Blue Limited Edition memang selalu siap menangkap berbagai momen seru. Dengan hasil kamera yang jernih bebas backlight, kamera vivo V9 Cool Blue Limited Edition  juga menjadi fitur pilihannya ketika terjebak kemacetan, di lokasi shooting, atau ketika bertemu fans.

Untuk hasil foto lebih lucu, Prilly menggunakan fitur AR Selfie yang punya berbagai sticker menarik.

“Aku sejak awal suka banget pakai AR Sticker kalau selfie, hasil fotonya jadinya lebih playful,” ujar Prilly.

Prilly yang senang membaca materi kuliah dan novel pun merasa vivo V9 Cool Blue Limited Edition  mendukung kebutuhannya. “Gak perlu terlalu banyak scroll, jadi kalau baca chat atau lihat postingan di media sosial. Tapi walaupun besar, smartphonenya masih nyaman digenggam,” imbuhnya. (Nurhuda Wijaya)

e-max.it: your social media marketing partner
Rate this item
(0 votes)

Jakarta,visioneernews-Pemerintah akan meluncurkan layanan online single submission untuk memudahkan urusan perizinan dan investasi di Indonesia pada Mei 2018.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk terus mendorong kemudahan berusaha dan berinvestasi yang berorientasi ekspor. Tahun 2017 lalu, ekspor Indonesia tumbuh sebesar 16,2 persen dengan surplus perdagangan mencapai 11,82 miliar dolar Amerika.

"Tapi kita terus akan mendorong agar lebih tinggi lagi dan bisa melompat lebih maju," kata Presiden Jokowi saat memberi sambutan di acara pelepasan ekspor perdana produk otomotif yang diproduksi pabrik Mitsubishi Indonesia untuk pasar Filipina di Pelabuhan Tanjung Priuk, Rabu (25/4/2018).

Untuk itu, kata Jokowi, pemerintah pada Mei nanti akan meluncurkan layanan perizinan terintegrasi secara daring (online single submission) untuk semakin memudahkan urusan perizinan dan investasi di Indonesia.

Melalui layanan itu, Presiden mengharapkan perizinan di Indonesia yang semula memakan waktu hingga berbulan-bulan mampu dipangkas menjadi hitungan jam.

"Dari pusat sampai ke daerah bisa kita telusuri di mana berhentinya dengan online single submission. Ini adalah sebuah lompatan dalam pengurusan perizinan yang sedang kita siapkan," tuturnya.

Meski demikian, bila setelah berlakunya layanan tersebut para pelaku usaha masih menemui kesulitan-kesulitan di lapangan, Jokowi meminta mereka untuk dapat memberitahukan langsung kepada dirinya mengenai hal itu. Dirinya berkomitmen untuk membenahi kesulitan yang dialami.

"Kalau nantinya setelah online single submission kita luncurkan dan masih ada kendala-kendala di lapangan, masih ada yang main-main dengan perizinan di lapangan, tolong saya diberitahu.Bisik-bisik saja, pasti saya hajar. Pasti akan dibenahi. Jangan takut untuk melaporkan karena itu penting buat saya. Jangan yang sampai ke saya hanya yang ABS (asal Bapak senang) saja," ucap Jokowi. (Syarif)

e-max.it: your social media marketing partner

Jakarta,visioneernews-Resolusi Parlemen Uni Eropa akan merugikan 50 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada kelapa sawit. Parlemen Indonesia melawan, bahkan akan mengusut LSM-LSM bayaran yang menyebarkan kampanye negatif sawit Indonesia di Eropa.

Sebanyak 50 juta petani dan pelaku usaha sawit terancam pailit, seiring dikeluarkannya resolusi dari Parlemen Uni Eropa atas produk sawit Indonesia. Parlemen Indonesia pun tidak tinggal diam.  Dikirimnya enam orang delegasi dari Grup Kerja Sama Bilateral Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (GKSB DPR RI) ke Parlemen Uni Eropa di Brussel, Belgia pada tanggal 17-13 April 2018, tak lain untuk meluruskan persoalan tersebut.

Selama melakukan kunjungan ke Brussel, delegasi DPR RI bertemu para anggota Parlemen Uni Eropa dari berbagai bidang strategis. Antara lain Delegasi Parlemen Uni Eropa untuk ASEAN dan Negara-negara Asia Tenggara (DASE), Komite Perdagangan Internasional Parlemen Uni Eropa (INTA), Bidang Kerja Sama Luar Negeri Uni Eropa (EEAS), dan Grup Persahabatan Antar Parlemen Uni Eropa (EPFG).

“Kami juga disambut Wali Kota Endegem dan diajak sarapan pagi bersama dengan beliau,” kata Nurhayati Ali Assegaf selaku Ketua Tim GKSB DPR RI ke Uni Eropa saat konferensi pers di DPR RI, Senin (23/4/2018).

Menurut Nurhayati yang juga Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, dalam kunjungan tersebut delegasi DPR RI membawa misi memperjuangkan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) Indonesia. Saat ini Parlemen Uni Eropa sedang dalam proses pembahasan lebih lanjut mengenai resolusi yang menganjurkan bahwa kelapa sawit akan dikesampingkan dari daftar komoditi pertanian yang dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan.

“Alasan utama dari resolusi tersebut adalah berkembangnya opini di Eropa bahwa kelapa sawit merupakah salah satu penyebab utama terjadinya deforestasi di negara-negara yang memiliki hutan tropis seperti Indonesia,” ungkap Nurhayati.

Delegasi GKSB DPR RI menentang keras informasi negatif itu. Di hadapan anggota Parlemen Uni Eropa, mereka menyampaikan bahwa resolusi Parlemen Uni Eropa akan mengakibatkan kerugian besar tidak hanya bagi pelaku industri minyak kelapa sawit, tetapi juga para petani dan 50 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan kehidupannya pada kelapa sawit.

Resolusi tersebut dipandang sebagai sebuah resolusi diskriminatif terhadap Indonesia akibat adanya kampanye negatif terhadap kelapa sawit Indonesia.

“Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia dan contributor terbesar bagi perekonomian ASEAN, harusnya Uni Eropa mengedepankan kerja sama Indonesia ketimbang negara lain yang tidak demokratis,” pungkas Nurhayati.

Hasil Investigasi MAI

Anggota BKSAP DPR RI sekaligus Ketua Umum Masyarakat Agrobisnis dan Agroindustri Indonesia (MAI) Fadel Muhammad, mengapresiasi langkah Nurhayati Assegaf menghadapi para anggota Parlemen Uni Eropa yang menganggap dirinya paling hebat di dunia.

“Pada pertemuan itu, kami sangat keras kepada mereka. Kami tidak mau terima resolusi yang mereka keluarkan. Resolusi itu merugikan bangsa kita, bukan satu orang saja, tapi 50 juta rakyat Indonesia yang menggantungkan nasibnya pada komoditas sawit,” ujar Fadel Muhammad.

DPR RI , MAI,  asosiasi sawit Indonesia, dan kementerian satu suara dukung eksistensi sawit Indonesia

Menurut Fadel, sikap arogansi ini tidak pantas ditunjukkan sebuah parlemen besar seperti Uni Eropa.

“Kami juga parlemen besar. Kalian berjuamlah 700 orang, kami 560 orang,” lontar Fadel.

Dari keberatan Parlemen Indonesia atas resolusi tersebut, kata Fadel,  akhirnya terjadi kesepahaman, dan dalam waktu dekat mereka  akan datang ke DPR RI untuk melanjutkan pembahasan resolusi sawit Indonesia.

“Kita sangat dirugikan dengan resolusi dari Parlemen Uni Eropa. Kita juga tidak tinggal diam,” pungkasnya.

Setelah berkunjung ke Parlemen Uni Eropa, Fadel pun melakukan investigasi dengan rekan-rekannya  di MAI. Ia menemukan tiga hal dari investigasi tersebut. Pertama, ternyata orang-orang yang membuat publikasi tidak baik itu adalah LSM-LSM Indonesia yang dibayar oleh orang-orang di Eropa.

“Saya sudah telpon teman saya Ketua PPATK.  Beliau bilang agar saya segera membuat surat yang intinya mengecek LSM dan pihak lain yang terima duit dari Uni Eropa. PPATK akan memblokir  aliran dana itu. Jadi, kita ambil langkah-langkah keras terhadap mereka,” ungkapnya.

Hasil investigasi kedua, lanjut Fadel, di Indonesia ada oknum-oknum yang  menyebarkan informasi negatif tentang sawit Indonesia ke tempat-tempat ibadah, seperti tempat pengajian.

Fadel menduga gerakan yang dilakukan oknum-oknum itu untuk melawan Pemerintahan Jokowi yang dianggap mendukung komoditas sawit.

Hasil investigasi ketiga, ungkap Fadel, ternyata dana yang beredar di Indonesia dari kelompok-kelompok mereka ini sangat besar sekali.

“Maka, saya telah bicarakan dengan rekan-rekan di kementerian  terkait untuk membalas kampanye dengan kampanye. Kita sudah siapkan dana yang besar untuk memerangi kampanye negatif Parlamen Uni Eropa demi masyarakat Indonesia,” kata Fadel.

Konferensi pers yang menghadirkan tiga narasumber, yaitu Nurhayati Assegaf, Fadel Muhammd, dan Aryanto Munawar juga dihadiri Sekjen MAI Maxdeyul Sola, para ketua umum asosiasi sawit Indonesia, serta pihak dari kementerian terkait. (Syarifudin Bachwani)

 

e-max.it: your social media marketing partner
Monday, 23 April 2018 03:20

Zoya Meet Lovers di MUFFEST 2018

Written by

Jakarta,visioneernews-Selain memberikan kemudahan untuk pecintanya mendapatkan produk terbaru, Zoya juga hadir dengan campaign terbarunya, “Zoya Meet Lovers” di JCC, Sabtu (21/4/2018)

“Zoya Meet Lover” adalah wadah bagi influencer-influencer di socmed untuk saling berbagi dan menyalurkan passion mereka di muslim fashion, hijab, fotografi, dan lainnya dengan topik yang berbeda-beda di setiap eventnya. Di MUFFEST 2018 hadir para spokesperson terpilih dari Aceh, Samarinda, dan Serang.

Social media sekarang ini sudah menjadi trend dan masih menjadi fenomena. Terbukti dengan banyak influencer-influencer di social media. Melihat hal itu, Zoya mencoba meng-grab para influencer kekinian dengan menyediakan wadah untuk mereka berkumpul dan saling sharing mengenai hal-hal dan kegiatan positif. Dengan hadirnya Zoya Meet Lovers ini, Zoya ini selalu dekat dan hadir sebagai sahabat muslimah di seluruh Indonesia.

Melalui event “Meet Lovers” pula, bekerja sama dengan Singapore Tourism Board sebagai sponsor utama. Zoya mencari face of Zoya atau spokesperson yang bisa mempresentasikan Zoya sebagai brand hijab dan busana muslim.

para spokesperson di acara Zoya

Sebagai spokesperson, Face of Zoya terpilih tentunya memiliki passion atau bakat berbeda yang bisa dibagikan kepada khalayak ramai. Ini yang menjadikan mereka terpilih untuk nantinya akan bergabung di event-event Zoya untuk berbagai  dan mewakili brand Zoya.

Sebagai Face of Zoya mereka juga berkewajiban mempromokan atau melakukan activitas yang berhubungan dengan Zoya. Seperti dalam waktu dekat ini mereka akan berangkat ke Singapura untuk membuat video dan photo campaign Halal Living bersama Singapore Tourism Board.

Selain itu masih banyak activitas lainnya seperti mengisi event Zoya Meet Lovers di kota-kota lainnya di Indonesia sebagai speaker. Harapan ke depan, akan semakin banyak Face of Zoya lainnya dari setiap daerah selain Aceh, Samarinda, Serang, yang bisa mewakili Zoya sebagai spokesperson. (Echo Mercurio)

e-max.it: your social media marketing partner

Jakarta,visioneernews-Sebagai brand kosmetik Indonesia ternama, Wardah selalu mendukung perkembangan dunia fashion Indonesia.

Di bawah program Wardah Fashion Jornaey, untuk ketiga kalinya Wardah kembali berpartisipasi pada perhelatan pecan mode muslim terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018 di JCC, Sabtu (21/4/2018).

Mengangkat tema yang sesuai dengan trend make up terbaru, Wardah tahun ini yaitu “Wardah Sinar & Pijar”. Wardah berkolaborasi dengan empat desainer dan brand mode Indonesia yaitu Barli Asmara, Pret-a-Porter, KAMI, DINIIRA, dan Khanaan. Merupakan panggung koloborasi antara industri kosmetik dan mode yang mempersembahkan tren terkini untuk komunitas muslim Indonesia. Mereka memperkenalkan tren mode Muslim yang siap menjadi trendsetter bagi  pecinta mode Muslim.

Para designer wardah di acara MUFFET 2018

“Indonesia memiliki potensi Muslim fashion yang tinggi, hal ini didukung dengan hadirnya beragam komunitas hijabers yang mewakili berbagai karakter perempuan Muslim Indonesia. Melalui program Wardah Fashion Journey, kontribusi kami MUFFEST 2018 juga merupakan langkah Wardah dalam mewujudkan misi menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion Muslim dunia dan sekaligus memperkuat posisi Wardah sebagai produk kosmetik hala pertama di dunia,” kata Shabrina Salsabila, Brand Executive Wardah menyampaikan sambutannya.

Selain pagelaran fashion, Wardah juga menggelar Make-up &  Hijab Do Competition, yaitu kompetisi kreasi membuat tampilan “Wardah Sinar & Pijar 2018” secara original, kreatif, dan sesuai dengan filosofi tren make up Wardah. (Echo Mercurio)

e-max.it: your social media marketing partner

Washington,visioneernews-Dalam jumpa pers di Gedung International Monetary Fund (IMF) pada Kamis, 19 April 2018, Menko Maritim Luhut Panjaitan menegaskan bahwa sampai sejauh ini tidak ada persoalan serius dalam mempersiapkan Annual Meeting IMF-World Bank di Bali Oktober mendatang. Seluruh budget untuk pertemuan tahunan di Bali nanti telah dialokasikan sejak 2015, ketika Indonesia terpilih menjadi negara penyelenggara.

"Kami sudah diskusikan dan berkoordinasi dengan DPR. Semua biaya dab pengeluaran telah dihitung dengan detil dan efisien sesuai dengan standar penyelenggaraan event internasional," kata Menko Luhut seperti rilis diterima Visioneernews.com dari Humas Kemenko bidang Kemaritiman.

Pertemuan tahunan ini membawa dampak positif bukan hanya saat acara, namun juga dalam jangka panjang, terutama memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Pembangunan infrastruktur bukan hanya untuk delegasi pertemuan, tapi juga untuk masyarakat Indonesia dan khususnya warga Bali. Selain itu, akselerasi pembangunan akan dirasakan oleh daerah destinasi pariwisata, seperti di Labuan Bajo, Banyuwangi, Borobudur, Mandalika, dan Danau Toba. Hal ini akan meningkatkan turis ke daerah-daerah tersebut.

Pemerintah Indonesia, kata Luhut, juga akan membawa isu sampah laut, di mana hal ini akan menjadi perhatian semua negara. Lalu akan ada diskusi mengenai waste energy salah satu bahasan yang diharapkan hasilnya bisa mendatangkan investasi.

Terakhir, imbuhnya, seluruh pengeluaran pertemuan ini akan memberikan benefit bagi masyarakat, seperti komputer yang digunakan setelah pertemuan akan disumbangkan ke berbagai sekolah di Bali dan Lombok yang tidak mempunyai komputer.

Sampai saat ini yang telah mendaftar sekitar 10 ribu terdiri bukan hanya delegasi tapi juga keluarga para peserta. Mereka akan disuguhkan budaya, keindahan destinasi pariwisata, kuliner, dan terutama ramah tamah bangsa Indonesia.

"Saat menuju ke ruangan ini, saya mendapat informasi dari Kementerian Pariwisata selama pertemuan Annual Meeting Spring di Washington ini sudah mendaftar 1000 peserta yang akan membawa keluarganya. Saya kaget mendengar kabar ini," tutur Luhut.

Sedangkan isu keamanan, menurut Luhut, tidak ada negara yang kebal terhadap kemungkinan gangguan keamanan. Namun, pihak aparat telah melakukan persiapan yang terbaik. Hal ini ditambahkan Kapolda Bali, Petrus Collose yang menolak mengatakan telah mengantisipasi keamanan untuk bencana alam dan gangguan dari pihak-pihak yang ingin mengganggu.

Untuk bencana alam, seperti erupsi Gunung Agung atau tsunami, pihak kepolisian bekerjasama dengan militer. Namun seperti yang telah diungkapkan Menko Luhut, hampir dipastikan hal itu tidak terjadi saat pertemuan. Sedangkan untuk gangguan keamanan bukan bencana alam, sejak setahun lalu tidak ada indikasi adanya pihak yang akan membuat onar, bahkan tingkat kriminalitas di Bali sangat rendah.

Selain itu, pihak kepolisian telah membuat apps yang dapat diunduh peserta bila terjadi sesuatu yang diberi nama Salak Bali. Pihak kepolisian akan mengerahkan sepuluh ribu aparat selama pertemuan dan menyediakan nomor telepon 110 bila terjadi keadaan darurat.

Sedangkan untuk persiapan fasilitas teknologi, Menkominfo Rudiantara menyatakan bahwa bandwith paling besar akan ada dalam pertemuan di Bali. Karena akan ada 12 ribu staf IMF World Bank yang akan bekerja di sana dan sekitar 1000 jurnalis yang melipit, belum termasuk delegasi.

Panitia juga akan menyediakan sekitar 700 komputer untuk digunakan oleh jurnalis meskipun kebanyakan wartawan membawa laptop. Kemudian, panitia juga akan menyediakan transportasi di sekitar lokasi pertemuan untuk jurnalis yang tidak menginap di daerah Nusa Dua, Bali. (Hasbih)

 

e-max.it: your social media marketing partner

Jakarta,visioneernews-Hasil Sidang Executive Board Unesco ke-204 pada Selasa, 17 Maret 2018, secara resmi menetapkan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dan Geopark Rinjani diberikan peringkat UNESCO Global Geopark (UGG) .

Selain Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dan Geopark Rinjani, Unesco juga mengesahkan 12 geopark dari 11 negara sebagai UGG.

Saat ini, berarti berarti Indonesia memiliki empat UGG, yaitu Geopark Batur di Bali, Gunung Sewu di Jawa Tengah, Rinjani di Lombok NTB, dan Ciletuh Pelabuhan Ratu di Jawa Barat.

Predikat ini tentunya membawa geopark-geopark Indonesia layak menjadi destinasi wisata dunia.

General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Dana Budiman mengatakan, potensi geopark sangat besar. "Keiindahan alamnya lengkap. Lanskap, gunung, air terjun, sawah, ladang, berujung di muara sungai ke laut, harus cepat dikembangkan agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakat juga," kata Dana Budiman.

Geopark Ciletuh adalah kawasan yang terdiri atas gunung dan pantai disertai komposisi batuan purba. Batuan itu muncul ke permukaan karena terendapkan dalam palung laut hasil penunjaman lempeng benua pada Zaman Kapur, antara 50-65 juta tahun silam. Sementara perjalanan geopark Rinjani untuk mendapatkan UGG ditempuh melalui perjalanan lebih panjang.

Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dikelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah. Selain itu, pantainya yang keren mempunyai ombak yang disukai para surfer. Pantai Cimaja yang berada di kawasan geopark sering terpilih sebagai lokasi lomba surfing berskala internasional.

Sementara Gunung Rinjani (3.726 meter) merupakan gunung vulkanik tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.800 meter), dan merupakan salah satu dari tiga gunung api aktif di Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Pulau Lombok, NTB. Jadi Geopark Rinjani juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah indahnya.

Geopark Rinjani terdiri dari kawasan pantai, laut, Gunung Rinjani, hutan, dan dikelola beberapa organisasi dan lembaga. Keanekaragaman hayati yang meliputi berbagai tipe vegetasi hutan antara lain vegetasi hutan savana, hutan hujan dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan.

Warisan budaya yang terdapat di kawasan Geopark Rinjani mencakup budaya masa kini yang dilakukan pada masa modern dan masa lalu yang dilakukan pada masa pra-sejarah.

Geopark dalam Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Geopark dalam konsep pembangunan berkelanjutan memiliki tujuan mulia, yaitu merubah pola pikir (mindset) pemanfaatan sumber daya alam khususnya warisan geologi yang selama ini baru dimanfaatkan melalui kegiatan ekstraktif yang diubah menjadi upaya konservasi untuk meningkatkan perekonomian lokal maupun regional.

Konsep geopark adalah menyatukan perlindungan warisan geologi ke dalam strategi pengembangan sosiobudaya dan ekonomi yang harmonis dengan konservasi lingkungan alam.

Sebuah kawasan dapat dikatakan geopark ketika mempunyai unsur atau nilai warisan geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya.

Konsep geopark tersebut dirasakan sangat cocok untuk dikembangkan sebagai bagian dari pariwisata yang lestari dan berkelanjutan. Terbukti, dengan perkembangan yang cukup pesat di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki empat kawasan UGG (Batur, Gunung Sewu, Rinjani, dan Peabuhan Ratu), dan tujuh kawasan Geopark Nasional (Merangin Jambi, Kaldera Toba, Pulau Belitong, Raja Ampat, Tambora, Maros-Pangkep, dan Bojonegoro). Selain itu, di Indonesia terdapat 80 lebih kawasan yang dapat dijadikan geopark nasional karena mempunyai potensi warisan geologi.

Berbagai program kegiatan tentunya harus terus dikembangkan untuk dua UGG baru ini (Rinjani dan Ciletuh Pelabuhan Ratu). Misalnya, promosi dan pengelolaan kawasan geopark secara serius dalam dengan mengedepankan keberlanjutan.

Selain itu, tantangan ke depan pun semakin besar. Permasalahan pelestarian lingkungan, khususnya masalah sampah harus teratasi dengan baik.

Keragamanan geologi, hayati, dan budaya di kawasan geopark ini pun harus dimanfaatkan dan diolah untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. (Syarifudin Bachwani)

e-max.it: your social media marketing partner

Jakarta,visioneernews-Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengeluarkan sembilan maklumat pada Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap 20 April. YLKI menilai pemerintah belum memberikan perlindungan pada konsumen di era ekonomi digital.  

Menurut Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, sembilan maklumat yang dikeluarkan YLKI sebagai hasil refleksi atas implementasi Undang Undang  Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).

Tulus mengungkapkan, sejak 2012, via Keppres Nomor 13 Tahun 2012, pemerintah telah menetapkan bahwa 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional (HKN). Dasar penetapan HKN pada 20 April merujuk pada disahkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), yakni pada 20 April 1999.

"Pada HKN 20 April 2018, YLKI memaklumatkan sembilan poin permasalahan konsumen di Indonesia, terutama dari perspektif ekonomi digital," tegas Tulus dalam rilis diterima Visioneernews.com Kamis (19/4/2018).

Dia menyebutkan kesembilan maklumat YLKI tersebut, pertama, konsumen adalah subyek terkuat dalam struktur ekonomi. Namun hak dan suaranya sering tidak didengar (diabaikan).

Kedua, pemerintah getol mendorong pertumbuhan ekonomi digital, tapi pemerintah abai dalam memberikan rasa aman dan perlindungan pada konsumen.

Ketiga, pemerintah gagal mengantisipasi fenomena "diskruptif ekonomi" baik di sektor transportasi, telekomunikasi, belanja online, atau bahkan sektor hotel dan restoran.

Keempat, digital ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan kreatif. Tapi di sisi lain ancaman terhadap konsumen dalam bertransaksi sangat besar.

Kelima, mendorong pemerintah untuk mewujudkan regulasi yang adil di sektor ekonomi digital, yang berdimensi perlindungan konsumen.

Keenam, mendorong pelaku usaha yang bergerak di sektor digital ekonomi, untuk lebih beritikad baik dalam bertransaksi.

Ketujuh, mendorong pelaku usaha ekonomi digital untuk membuat complaint handling mechanism yang lebih manusiawi dan aksesibel bagi konsumen.

Kedelapan, meminta konsumen untuk lebih mengedepankan aspek kehati-hatian dalam melakukan transaksi digital.

Kemudian kesembilan, transaksi ekonomi digital bisa menjadi ancaman serius bagi perlindungan data pribadi milik konsumen. (Syarif)

 

e-max.it: your social media marketing partner
Rate this item
(0 votes)

Jakarta,visioneernews-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi terjadinya peningkatan angka ekspor komponen industri otomotif nasional.

Hal itu disampaikan Presiden usai membuka ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI-EXPO,Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

"Kita melihat industri otomotif di negara kita berkembang begitu sangat cepatnya dan yang pertama saya senang karena ekspornya meningkat," kata Presiden Jokowi.

Ekspor komponen terurai tersebut meningkat sebanyak 13 kali libat dibandingkan dengan angka ekspor yang berhasil dibukukan tahun lalu. Hal ini juga diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan lapangan kerja di sektor otomotif.

Presiden Jokowi meresmikan pembukaan IIMS 2018

"Ini juga akan membuka lapangan pekerjaan yang besar sekali, terutama bagi industri menengah dan kecil yang memproduksi komponen-komponen, baik komponen utama maupun pembantu," ujar Jokowi.

Saat ini, ekspor komponen yang dilakukan memang masih terbatas ke negara-negara terdekat. Namun, Jokowi meyakini bahwa dengan harga yang kompotitif, bukan tidak mungkin ekspor berikutnya dapat menembus keluar Asean.

"Kita melihat nanti kalau harganya kompetitif, saya kira akan bisa keluar dari Asean," katanya.

Presiden juga mengapresiasi perkembangan rancang bangun otomotif nasional, terutama dari sisi interior yang disebutnya berkembang dengan sangat baik. Ia pun mendorong agar para pelaku industri untuk lebih berani membuat kreasinya sendiri maupun memodifikasi desain yang ada, seperti hanya motor-motor modifikasi yang di pamerkan di acara IIMS ini.

"Saya kira ini memiliki peluang yang besar juga untuk kita ekspor, meskipun pasar di dalam negeri juga besar. Ini juga bisa menjanjikan untuk dikembangkan pada masa mendatang," imbuhnya.

Pemerintah sendiri akan terus memberikan dukungan dan dorongan agar industri otomotif Tanah Air dapat berkembang lebih pesat. Sejumlah upaya penyederhanaan regulasi dan sejumlah intensif, serta penyaiapan infrastruktur akan terus diusahakan.

"Regulasi-regulasi yang ada kita sederhanakan. Urusan-urusan yang berkaitan dengan kelayakan dan uji emisi memang harus dibuka dan dipercepat dalam rangka ekspor untuk otomotif. Nantinya kita memiliki sebuah pelabuhan yang mengefisiensikan biaya-biaya yang ada sehingga bisa bersaing dan berkompetisi dengan negara-negara lain," tandasnya. (Syarif)

 

e-max.it: your social media marketing partner
Page 1 of 16

K2 Tags

K2 Calendar

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Sering Dibaca

Google Ads

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction