GOVERMENT

Published in GOVERMENT

Padang, Balikpapan, Makassar Jadi Tempat Rakornas Program PAUD dan Dikmas 2017

Jan 27, 2017 Hit: 80237 Written by 
Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Harris Iskandar
Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Harris Iskandar Foto Syarif

Jakarta,visioneernews-Kota Padang-Sumatera Barat, Kota Balikpapan-Kalimantan Timur, dan Kota Makassar-Sulawesi Selatan, akan menjadi tempat penyelengaraan Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Kebijakan dan Program PAUD dan Dikmas Kemetahun 2017.

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud) akan mengawali kinerja tahun 2017 dengan menyelenggarakan persiapan Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Kebijakan dan Program PAUD dan Dikmas tahun 2017. Tema yang diangkat dalam rakornas yaitu “Bersama Kita Memperluas dan Meningkatkan Mutu PAUD dan Dikmas yang Bermartabat”.

“Penyelenggaraan rakorkas tahun ini akan di selenggarakan tiga tahap di tiga kota di Indonesia.  Tahap pertama, rakornas dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat, dari tanggal 1-4 Februari 2017. Tahap kedua, di Balikpapan, Kalimantan Timur, dari tanggal 7-10 Februari 2017. Tahap ketiga, digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, dari tanggal 20-23 Februari 2017,” jelas Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Harris Iskandar dalam jumpa pers di sela-sela Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan, di Pusdiklat Kemendikbud, Bojongsari, Sawangan Depok, Jawa Barat, Kamis (26/1).

Menurut Harris, penyelenggaraan rakornas di Kota Padang-Sumatera Barat, untuk mewakili para pemangku kepentingan di bidang pendidikan PAUD dan Dikmas dari wilayah barat. Di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur untuk mewakili wilayah tengah, dan di Kota Makassar-Sulawesi Selatan untuk mewakili wilayah timur.

“Kegiatan rakonas di tiga regional ini untuk mensinergikan semua yan telah dilakukan antara pemerintah pusat dan kabupaten kota. Karena, sesuai Undang-Undang Pemerintahan Daerah untuk program PAUD dan Dikmas kita delegasikan kewenangannya kepada pemerintah kabupaten dan kota,” kata  Harris.

Harris menambahkan, dalam rakornas juga akan dibahas sembilan Program PAUD Dikmas yang difokuskan di tahun 2017, yaitu pertama, memperluas dan meningkatkan mutu program kesetaraan untuk menjangkau anak sekolah tidak sekolah (ATS) serta usia dewasa. Kedua, meningkatkan akses PAUD dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Ketiga, meningkatkan akses pemberantasan buta aksara untuk daerah kantong buta aksara dan daerah 3T.

Keempat, lanjut Harris, yaitu meningkatkan kualitas satuan pendidikan memenuhi standar nasional pendidikan. Kelima, meningkatkan peran dan kompetensi keluarga dalam mendidik anak agar berkarakter dan berbudaya prestasi. Keenam, memperkuat kemampuan UPT sebagai pengembangan model, mutu, pembinaan dan evaluasi penerapan NSPK.

“Ketujuh, meningkatkan mutu layanan kursus dan pelatihan dalam rangka memenangkan persaingan global. Kedelapan, mempererat kerja sama pusat, daerah dan pemangku kepentingan sebagai ekosistem PAUD dan Dikmas.  Dan kesembilan, mempertahankan wilayah bebas korupsi dan terus meningkatkan tata kelola yang akuntabel dan transparan,” papar Harris. (Syarif)

 

Last modified on Sunday, 29 January 2017 07:56
Read 80237 times
Rate this item
(0 votes)
Syarif Bachwani

Jurnalis Profesional, pekerjaannya didedikasikan pada masyarakat umum dan dinaungi sebuah organisasi profesi dengan karakter menuntut pengetahuan yang tinggi.

Website: visioneernews.com

K2 Tags

K2 Calendar

« October 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Sering Dibaca

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction