HUKUM

Published in HUKUM

Purwoko: Pemerintah Harus Hadir Menyelesaikan Perpecahan di Peradi

Feb 08, 2017 Hit: 4595 Written by  Elwan
Ketua Ikadin Jakarta Barat Purwoko J. Soemantri SH, MH,
Ketua Ikadin Jakarta Barat Purwoko J. Soemantri SH, MH, Elwan Visioneer

Jakarta,visioneernews-Ratusan anggota Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jakarta Barat, menggelar pelantikan dan pengangkatan advokat di Hotel Peninsula, Jumat (03/02/17).

 

Ketua Ikadin Jakarta Barat Purwoko J. Soemantri SH, MH, mengatakan bahwa soal pencapaian Ikadin sudah sesuai berdasarkan visi, misi, serta cita-cita organisasi.  “Sekarang tinggal perbaikan saja, terutama dari pendidikan hukum. Sekarang saya rasa arahnya sudah mulai bagus, kalaupun masih ada kekurangan sana-sini, itu sebagai proses dari sebuah cita-cita kami," kata Purwoko.

Menyoal kemunculan Peradi yang terpecah, Purwoko juga mengkritisi agar pemerintah dapat mengambil langkah konkret. Menurutnya, pemerintah harus bersikap tegas. “Jika pemerintah tegas, kalau yang diakui Peradi hanya satu, ya satu.  Jika Peradi terbelah menjadi tiga kubu akan susah mengontrolnya," jelas Purwoko.

Pumoko menambahkan, jika terjadi multi bar, berarti Peradi tidak ada, yang ada hanya Ikadin dan AAI. Artinya,  semua berdiri sendiri. “Jadi sekarang kita tidak dapat mengawasi pengkaderan para anggota di organisasi advokat. Di sisi lain, pengkaderan itu penting. Jika single bar, kita dapat mengawasi pengkaderan. Bayangkan, ujian saja bisa tiga, empat kali baru dinayatakan lulus di zaman Peradi dulu sekarang beda,” paparnya.

Begitupula dari sisi rekruitmen, imbuhnya, menjadi sangat penting. Rekruimen itu tidak boleh dilakukan asal-asalan, begitu lulus ujug-ujug bisa jadi advokat. Padahal, untuk menjadi advokat prosesnya panjang. “Sarjana hukum itu ada masanya dan masa magang itu penting. Bagaimana dia mau membela orang, jika ilmu hukumnya masih minim,” ungkapnya.

Karena itu, kata Purwoko, “Jika hanya ada single bar, kita punya standar rekruitmen itu penting. Cukup disatukan saja. Kondisi adanya perpecahan di Peradi saat ini harus segera diselesaikan pemerintah. Karena pemerintah sebagai regulator." (Elwan)

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 08:11
Read 4595 times
Rate this item
(0 votes)

K2 Tags

K2 Calendar

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Sering Dibaca

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction