HUKUM

Published in HUKUM

Korban Pilperades Demak Laporkan Dugaan Pelanggaran ke KPK

Mar 16, 2018 Hit: 364 Written by  Hasbih
Belasan orang yang terbagung dalam Tim Korcam Korban Pilperades Kabupaten Demak mendatangi Gedung KPK di Jakarta, Jumat (16/3/2018)
Belasan orang yang terbagung dalam Tim Korcam Korban Pilperades Kabupaten Demak mendatangi Gedung KPK di Jakarta, Jumat (16/3/2018)

Jakarta,vsioneernews-Belasan orang yang terbagung dalam Tim Koordinator Kecamatan (Korcam) Korban Pemilihan Perangkat Desa (Pilperades) Kabupaten Demak mendatangi Gedung KPK di Jakarta, Jumat pagi, 16 Maret 2018, sekitar pukul 09.15 WIB. Mereka melaporkan dan menyerahkan bukti-bukti dugaan kecurangan pelaksanaan Pilperades ke KPK.

 

Kisruh hasil Ujian Seleksi Perangkat Desa Kabupaten Demak terus berlanjut. Sebelumnya puluhan orang yang dinyatakan tidak lolos seleksi melakukan protes seiring ditemukannya bukti-bukti baru yang beredar di masyarakat.

Mereka sempat melakukan audiensi dengan anggota DPRD Kabupaten Demak dan Paguyuban Peserta Seleksi Perangkat Desa se-kabupaten terkait ketidaklolosan mereka dalam Ujian Seleksi yang dilakukan oleh FISIP Universitas Indonesia di ruang Rapat DPRD Kabupaten Demak, Jumat, 2 Maret 2018.

Aksi selanjutnya, belasan orang yang tergabung dalam Tim Korcam Korban Pilperades Kabupaten Demak melaporkan adanya dugaan KKN pelaksananaan Pilperades yang telah dilaksanakan di Kabupaten Demak ke gedung KPK di Jakarta, Jumat, 16 Maret 2018.

Pihak KPK menerima empat orang perwakilan pelapor, yaitu Eko Sugiarto, Agus Gowang, Lutfi, dan Hadsim, untuk menyerahkan bukti-bukti pelanggaran dan dugaan KKN pelaksanaan Pilperades di Kabupaten Demak.

Tim Korcam Korban Pilperades  ingin membuktikan bahwa apa yang telah terjadi di Kabupaten Demak terkait Ujian Perangkat Desa adalah ilegal dan mereka menuntut oknum-oknum yang terlibat KKN.

“Aparat penegak hukum harus menindak oknum-oknum yang terlibat, baik dari panitia, kepala desa, dan oknum pihak ketiga dalam hal ini oknum pihak Universitas Indonesia sesuai hukum yang berlaku,” kata Eko Suagiarto, Koordinator Korcam Korban Pilperades Kabupaten Demak.

Terkait Ujian Seleksi Perangkat Desa di Kabupaten Demak, Eko dan para peserta lainnya mensiyalir banyaknya pelanggaran yang dilakukan oknum perangkat daerah Kabupaten Demak dan Paguyuban Kepala Desa Demak.

Indikasi itu berawal dari MoU antara Pemkab Demak dengan UI terkait pelaksana Ujian Seleksi Perangkat Desa Demak. Di sisi lain, ungkap Eko, pihak UI melalui Dr Suryadi MT sudah mengklarisifikasi bahwa pihak UI tidak terlibat dalam kegiatan Pilperades di Kabupaten Demak.

“Berdasarkan surat klarisifikasi pihak UI, kemudian menjadi referensi Pansus Angket DPRD Demak, sehingga turunnya surat keterangan dari Bupati Demak H.M Natstir agar dihentikannya kegiatan Pilperades tersebut,” ungkap Eko.

Dengan demikian, lanjutnya, beberapa pelantikan yang sudah dilakukan oleh pihak kepala desa di beberapa daerah di Kabupaten Demak dinyatakan tidak sah atau illegal.

Eko menilai, pelantikan yang sudah dilaksanakan terkesan dipaksakan oleh oknum kepala desa dan panitia yang merekomendasikan pelantikan.

Sementara Agus Gowang, salah seorang pemandu aksi pelapor mempertanyakan aturan perangkat desa di Kabupaten yang kelak harus dijabat oleh keluarga kepala desa, seperti istri kades, keponakan kades, dan kerabat mereka lainnya. “Mau dikemanakan nanti sistem pemerintahan desa di Kabupaten Demak. Masih banyak pemuda pemudi yang berkapasitas jadi perangkat desa jika sistemnya benar-benar transparan dan akuntabel.

Setelah melaporkan dan menyerahkan bukti-bukti pelanggaran ke KPK, Tim Korcam Korban Pilperades Kabupaten Demak melanjutkan aksi pelaporannya ke Mabes Polri dan Ombudsman. (Hasbih)

 

e-max.it: your social media marketing partner
Last modified on Friday, 16 March 2018 11:38
Read 364 times
Rate this item
(0 votes)

K2 Tags

K2 Calendar

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Sering Dibaca

Google Ads

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction