Peluang Usaha

CEO dan Co-Founder EV Hive, Carlson saat menjelaskan Jenius x EV Hive kepada wartawan

Jakarta,visioneernews-Coworking space saat ini telah menjadi trend para pelaku usaha startup dalam dunia digital. Ev Hive meluncurkan Jenius x Ex Hive untuk membantu pelaku usaha starup survive dan tumbuh menjadi usaha yang lebih besar.

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat telah merombak mindset para pelaku usahanya. Demi mencapai hasil yang maksimal, serta memunculkan ide-ide cemerlang dalam bekerja, para startup tidak lagi ingin dibatasi ruang dan sekat.

Beberapa entrepreneur membaca peluang bisnis ini. Salah satunya adalah Ev Hive. Sebagai penyedia ruang kolaborasi terbesar di Indonesia bekerja sama dengan Jenius, yaitu solusi life finance sebagai mitra strategis dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Melalui kerja sama itu, keduanya meluncurkan coworking space yang bernama Jenius x EV Hive. Tak hanya BTPN, Jenius x EV Hive ini juga menggandeng PT Bahanasemesta Citranusantara.

"Kami ingin menyediakan wadah bagi komunitas teknologi, khususnya financial technology (fintech) untuk berkolaborasi dan berkreasi," tutur CEO dan Co-Founder EV Hive, Carlson Lau di Menara BTPN, Rabu (7/3/2018).

Sementara itu, Direktur BTPN, Arief Harris Tandjung optimistis akan perkembangan perusahaan rintisan, terutama teknologi keuangan atau financial technology (fintech) di Indonesia.

"Fintech tiap tahun makin baik. Kita bisa lihat situasi dan kondisinya fever sekali. Ini ditunjukkan dengan ada selalu startup baru yang muncul. Coworking Jenius x EV Hive ini bisa bantu mereka untuk survive dan juga tumbuh besar," ujar dia.

Tak hanya itu, Carlson juga menyebutkan coworking space yang berlokasi di Menara BTPN lantai 47 ini menawarkan event dan juga program-program yang menarik untuk tumbuh kembang startup-startup muda di Indonesia.

"Kita menyaring banyak startup fintech. Banyak event yang akan diselenggarakan, misalnya  workshop, seminar. Ada program pembinaan seperti financial planing, program management. Ini yang membedakan kita," tutur Carlson.

Menurut Carlson, kerja sama di era digital ini memang sangat diperlukan untuk bisa terus berkembang dan juga maju. Kunci kemajuan suatu usaha  adalah ekosistem simbiotik, yaitu kontribusi dua arah. “Bekerja sama dan kolaborasi,” lanjutnya.

Adapun aplikasi Jenius sendiri yang diluncurkan BTPN sebagai mitranya adalah sebuah inisiatif digital banking yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari smartphone.

Jerry Ng, Direktur Utama BTPN mengatakan, aplikasi Jenius menawarkan aneka fitur yang berbeda dibandingkan produk perbankan digital lainnya. Pasalnya, aplikasi ini akan memudahkan siapa pun untuk melakukan bermacam aktivitas perbankan, cukup bermodalkan smartphone.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menghadiri peluncuran Jenius x EV Hive

Nasabah bahkan tidak perlu datang ke kantor cabang BTPN untuk membuka rekening. Mereka cukup mengunduh aplikasi Jenius dari Google Play Store atau Apple App Store, lalu melakukan registrasi akun dengan mencantumkan biodata, mengunggah foto wajah dengan selfie, serta foto KTP dan NPWP. Nasabah pun bisa memberi nama pada rekening mereka, disebut $Cashtag, yang menjadi identitas pribadi sebagai alternatif nomor rekening yang susah diingat.

Beberapa fitur andalan Jenius adalah Send It (layanan untuk mengirim uang), Pay Me (layanan untuk menagih atau meminjam uang), Dream Saver (fitur perencanaan keuangan berupa deposito atau tabungan berjangka yang bisa dipersonalisasi), Card Center (layanan untuk memblokir kartu sementara atau permanen dan mengaktifkan kembali), serta Split Bill (layanan membagi tagihan dengan nasabah-nasabah lain).

Seluruh fitur dan layanan itu bisa dilakukan lewat smartphone, tanpa harus menghubungi pihak bank. Yang menarik, Jenius juga tidak membebankan biaya administrasi bulanan, biaya kartu, biaya pembukaan dan penutupan akun, dan tidak ada saldo minimum ataupun maksimum.

Setiap pengguna aplikasi Jenius ini akan diberi kartu debit dalam bentuk fisik. Nantinya di dalam aplikasi, kartu debit tersebut dimanifestasikan dalam kartu virtual yang dapat ditentukan nominalnya. Jadi, tidak semua saldo dalam tabungan kita akan masuk ke dalam kartu virtual ini untuk menjaga keamanan transaksi nasabah.

Untuk mengisi saldo rekening, nasabah dapat mentransfer dari rekening bank yang sudah dimiliki sebelumnya atau mengunjungi kantor cabang BTPN terdekat atau pusat layanan Jenius yang baru dibuka di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Jerry menjelaskan dalam mengembangkan produk ini dibutuhkan waktu 18 bulan dan investasi sekitar Rp500 miliar. Jumlah investasi tersebut masih akan terus ditambah mengingat Jenius masih akan terus dikembangkan.

BTPN juga sudah bekerjasama dengan beberapa merchant yang menerima pembayaran lewat akun Jenius, antara lain The Goods Dept, Brightspot, Go-Jek, Spotify, Elevenia, Dinomarket, Telkomsel, dan XL.

Acara pembukaan Coworking Space dan Launching Jenius BTPN itu dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Rudiantara optimistis tahun depan muncul satu startup unicorn baru di Indonesia. Kementeriannya akan mendorong agar startup lokal dapat mencapai target menjadi unicorn itu di antaranya dengan regulasi yang memberikan ruang lebih untuk berinovasi.

Adapun saat ini startup lokal yang sudah berlabel unicorn (memliki valuasi di atas US$ 1 miliar) adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

"Indonesia sekarang kan baru punya empat unicorn. Tahun depan kami mau punya minimal lima unicorn. Jadi, harus cari satu lagi," kata Rudiantara di Menara BTPN. (Echo Mercurio)

 

e-max.it: your social media marketing partner
Read 171 times
Kini, Alfamart melayani jasa pengiriman uang secara elektronik melalui kerja sama dengan Truemoney

Jakarta,visioneernews-Saat ini kebutuhan akan jasa pengiriman uang lewat bank, belum sepenuhnya menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Melalui kerja sama antara Truemoney dan Alfamart, sebuah program pengiriman uang menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan.

e-max.it: your social media marketing partner
Read 272 times
Ketum APIKI Anto Suroto sedang memberikan bimbingan kepada pelaku usaha tenun ikat dari bahan limbah di Kupang

Kupang, NTT, visioneernews-Aliansi Perdagangan dan Industri Kreatif Indonesia (APIKI) bersama pelaku usaha, dan Team Work Craft  memberikan pelatihan design produk recycle dengan rancang bangun menjadi produk yang memiliki kualitas dan nilai tambah harganya kepada anggota Koperasi, pelaku UMKM, UKM, dan IKM di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, selama empat hari, baru-baru ini.

e-max.it: your social media marketing partner
Read 310 times
Direksi BSTAR International

Bertempat di Santika Hotel Hayam Wuruk BSTAR Internasional mengadakan konferensi pers dalam rangka Launching Peluang Investasi Bisnis BSTAR Internasional perusahaan ini memiliki konsep bisnis “Cross-Platform Internet Finance”.

e-max.it: your social media marketing partner
Read 376 times

K2 Tags

K2 Calendar

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Sering Dibaca

Google Ads

Galeri Video

PILKADA

101 Daerah yang Gelar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ...
Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Green red Oranges blue crimson

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color
Background Image

Spotlight4

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction