Home » Anak Muda Indonesia Siap-siap, TopKarir Festival 2019 akan Hadir di SMESCO
NASIONAL

Anak Muda Indonesia Siap-siap, TopKarir Festival 2019 akan Hadir di SMESCO

Jakarta,visioneernews-Sukses menggelar TopKarir Expo di 2018, PT TopKarir Indonesia akan menyelenggarakan TopKarir Festival 2019 dari tanggal 14-15 Agustus di Gedung SMESCO Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Peluang bagi anak muda Indonesia yang ingin melamar pekerjaan dan mencari peluang wirausaha di e-job fair terbesar di Indonesia.

TopKarir terus melakukan gagasan dan kegiatan yang bermanfaat untuk anak muda Indonesia, salah satunya TopKarir Expo 2018 di Gedung SMESCO Indonesia. TopKarir Expo merupakan e-job fair pertama untuk anak muda Indonesia yang diselenggarakan oleh TopKarir Indonesia.

Peminat TopKarir Expo 2018 sebanyak 13.200 anak muda Indonesia. Namun terkait kapasitas tempat, TopKarir Expo 2018 hanya menampung 6.000 anak muda Indonesia. TopKarir Expo 2018 juga dihadiri 60 perusahaan dan dibuka oleh Menteri Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Meneruskan kesuksesan TopKarir Expo 2018, pada tahun 2019 ini, TopKarir kembali menyelenggarakan acara e-job fair terbesar, yaitu TopKarir Festival 2019 pada tanggal 14-15 Agustus 2019 di SMESCO Indonesia.

Bayu Janitra Wirjoatmodjo, CEO & Co-Founder TopKarir Indonesia menyebutkan beberapa perbedaan antara gelaran TopKarir Expo 2018 dengan TopKarir Festival 2019.

“Yang paling signifikan, TopKarir Festival 2019 tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan saja, tetapi juga beasiswa, kewirausahaan, pelatihan dan sertifikasi, serta fitur TopKarir lainnya, seperti TopKarir Klinik,” jelas Bayu saat Press Conference TopKarir Festival 2019  di Apiary Coworking Space, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Turut hadir Billy Boen Founder Young On Top (YOT), Gema CEO Apiary Coworking Space, dan pimpinan dari PT Danamas Insan Kreasi Andalan yang akan memberikan dukungan suksesnya acara TopKarir Festival 2019.

Perbedaan lainya, lanjut Bayu, TopKarir Festival menargetkan 10.000 audien anak muda Indonesia. Walaupun diselenggarakan di tempat yang sama di SMESCO, booth dan layout e-job fair tahun ini dimodifikasi lebih simpel dan kompleks.

TopKarir Festival 2019 akan menampung 10.000 pengunjung dari kalangan anak muda Indonesia

“Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari Young On Top yang telah mendesign TopKarir Festival 2019, sehingga areanya menjadi lebih luas, dan tentunya lebih banyak manfaat,” ujar Bayu.

Menurutnya, acara ini nantinya akan sangat spesial, karena banyak perusahaan yang peduli dengan anak muda Indonesia, seperti PT Danamas Insan Kreasi Andalan, Air Mineral Prim-a dari PT Sinar Sosro, dan Apiary Coworking Space. Selain itu, TopKarir Festival juga mendapatkan dukungan dari institusi pendidikan.

Peranan TopKarir Indonesia

Bayu juga mengungkapkan permasalahan yang masih dihadapi anak-anak muda Indonesia. Menurutnya, berdasarkan penelitian beberapa lembaga riset dan badan ekonomi, antara tahun 2030-2040 di Indonesia akan mengalami masa puncak bonus demografi.

“Bonus demografi ini tentu ada implikasinya. Jika tidak ditangani dengan baik, maka tidak ada peningkatan kualitas sumber daya manusia dari kalangan anak muda Indonesia,” bilang Bayu.

Hasil riset yang dilakukan TopKarir beberapa tahun ini ditemukan fakta bahwa angka pengangguran dari kalangan anak muda Indonesia masih cukup tinggi. Faktor pertama, terjadinya informasi kesempatan bekerja yang tidak terpusat. Informasi kesempatan kerja itu tersebar kemana-mana.

Faktor kedua, lanjutnya, menurut studi World Bank dan Asean Development Bank (ADB) tahun 2018, menyebutkan keterampilan sumber daya manusia saat ini tidak berkembang seiring dengan kebutuhan industri. Di sisi lain, sektor industri begitu fleksibel, dinamis, dan cepat berubah mengikuti perkembangan zaman.

Faktor ketiga, berdasarkan masukan dari perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan TopKarir mengungkapkan anak-anak muda sekarang, antara komptensi dasar dengan kesesuaian hasil kinerjanya belum ballance.  Sebagian ada yang pintar di bidangnya, tapi attitude-nya kurang. Sebaliknya, ada yang attitude dan komunikasinya bagus, tapi kemampuan bekerjanya kurang.

Bayu Janitra Wirjoatmodjo, CEO & Co-Founder TopKarir Indonesia (tengah) sedang menjelaskan tentang TopKarir Indonesia dan persiapan event TopKarir Festival 2019, didampingi Billy Boen Founder YOT, (kiri) dan Gema CEO Apiary Coworking Space (kanan)

“Jadi, para pemberi kerja (employer) mengalami kesulitan mencari tenaga kerja muda Indonesia yang memiliki kompetensi baik,” pungkas Bayu.

Dari permasalahan tersebut, TopKarir yang hadir sejak tahun 2015 hingga detik ini, terus mendorong dan membantu anak muda Indonesia.

“TopKarir segmentasinya adalah anak muda Indonesia, usianya 18-29 tahun. Visi TopKarir adalah meningkatkan kualitas anak muda Indonesia dan mengurangi angka pengangguran. Karena pengangguran yang ada di Indonesia bukan hanya PR pemerintah, tapi PR kita bersama,” paparnya.

Sekilas TopKarir Indonesia

PT Top Karir Indonesia adalah pemilik resmi situs www.topkarir.com yang berdiri pada pertengahan tahun 2015. Situsnya resmi beroperasi pada bulan Mei 2016. Kini ada lebih dari 10.000 perusahaan (employer) yang telah menggunakan layanan TopKarir dan satu juta database pencari kerja muda (job seeker).

TopKarir.com didirikan oleh Bayu Janitra Wirjoatmodjo bersama Andy F. Noya (Host Kick Andy), Billy Boen (Founder Young On Top), dan Diana Tanu (Chief Operating Officer PT Top Karir Indonesia), serta Ariadi Anaya (CoFounder & Advisior) yang memiliki pengalaman di bidang rekrutmen online total selama lebih dari 15 tahun.

Presiden Komisaris TopKarir Indonesia, yaitu: Andy F. Noya. Dewan Komisaris: Billy Boen, Ariadi Anaya, Tuti Hadiputranto, dan Anthony Pradipta. Dewan Direksi: Bayu Janitra, dan Diana Tanu.

TopKarir memiliki tagline: “Portal Karirnya Anak Muda Indonesia” karena fokusnya sejak awal didirikan yaitu untuk membantu generasi muda Indonesia agar dapat mengembangkan karir mereka dengan baik.

TopKarir telah bekerjasama secara resmi dengan pihak pemerintah, bermitra secara strategis melalui kemitraan pemerintah swasta, dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan Direktorat Pembinaan SMK di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mayoritas yang telah menggunakan layanan TopKarir adalah UKM, dan beberapa grup besar menyambut baik dan mendukung penuh serta antusias dengan kehadiran TopKarir, di antaranya Sinarmas Group, Triputra Group, Garuda Food Group, Salim Group, Djarum Group, Wings Group, Agung Sedayu Group, dan Rajawali Group. (Syarif)

Berita Lainnya

Panglima TNI : Umat Islam Indonesia Harus Maju dan Berwawasan Luas

visioneernews

Presiden Minta PLN Blak-Blakan Penyebab Padamnya Aliran Listrik di Sebagian Jawa

visioneernews

Ketua DPR Mendorong BPJT Kaji Ulang Penyesuaian Tarif 15 Ruas Tol

visioneernews

Ini Isi Pidato Presiden Jokowi tentang Visi Indonesia

visioneernews

Begini Reaksi Jokowi terhadap 80 Persen Bidang Tanah di Indonesia Belum Memiliki Bukti Hak Kepemilikan

visioneernews

Ketua DPR: Satu-satunya yang Abadi dalam Politik adalah Kepentingan!

visioneernews

Leave a Comment