Home » Ketua DPR: Pemotongan Gaji Merugikan Pegawai PLN
GOVERNMENT

Ketua DPR: Pemotongan Gaji Merugikan Pegawai PLN

Jakarta,visioneernews-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) tidak setuju adanya wacana pemotongan gaji dari 40.000 karyawan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) karena terjadi blackout.

Pemotongan gaji karyawan itu sebagai kompensasi masyarakat yang terdampak pemadaman listrik di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat, dengan total Rp865 miliar.

Karena itu, Bamsoet mendorong PT. PLN untuk memberikan penjelasan mengenai wacana pemotongan gaji karyawannya serta aturan yang mendasarinya.

“Karena, hal tersebut dapat merugikan pegawai PT. PLN dan berpotensi tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan,” kata Ketua DPR Bamsoet, Kamis (8/8/2019).

Bamsoet juga mendorong PT. PLN untuk dapat mengevaluasi aturan terkait kompensasi yang diberikan kepada konsumen apabila terjadi kejadian darurat seperti pemadaman di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“PLN juga harus mensosialisasikan kepada seluruh pegawainya, agar aturan tersebut tidak merugikan berbagai pihak,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPR mendorong PT. PLN untuk melakukan audit secara menyeluruh terhadap gardu-gardu listrik. Sehingga dapat diketahui penyebab secara pasti pemadaman yang terjadi beberapa waktu lalu di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat.

Sebelumnya Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan menyatakan ada beberapa jenis penghasilan pegawai PLN. Salah satunya penghasilan berdasarkan prestasi. Penghasilan prestasi inilah yang akan dikurangi.

Namun, kata Djoko, pengurangan penghasilan prestasi bila kayawan tersebut hasil kinerjanya kurang baik.

“Kayak kejadian pemadaman massal, kemungkinan kena (pengurangan penghasilan prestasi) semua pegawai,” kata Djoko. (VN)

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Titip WNI yang Tinggal di Malaysia kepada Mahathir Mohamad

visioneernews

Presiden Tak Ragu Sebut Kementerian dan Lembaga yang Dapat TMP

visioneernews

Sambut Hari Bakti ke-55 Pemasyarakatan, Ditjen PAS Percepat Implementasi Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan

visioneernews

BPK Berikan Opini WTP kepada 79 K/L dan Satu BUN

visioneernews

Pertamina Turunkan Harga BBM Non Subsidi, Berlaku 5 Januari 2019

visioneernews

Kemenpan RB Tetapkan Top 45 Inovasi, ini Bonusnya

visioneernews

Leave a Comment