Home ยป Polisi Tetapkan SM Sebagai Tersangka Penodaan Agama.
HUKUM

Polisi Tetapkan SM Sebagai Tersangka Penodaan Agama.

Bogor,visioneernews-Polres Bogor telah menetapkan SM sebagai tersangka. Perempuan berusia 52 tahun diduga melanggar Pasal 156 a KUHP tentang Penodaan Agama.

Polres Bogor telah menangani kasus viralnya video seorang perempuan membawa hewan peliharaan seekor anjing memasuki lingkungan dan dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor yang terjadi hari Minggu (30/6/2019), sekitar jam 14.00 WIB.

“Dalam waktu 1 x 24 jam setelah pasca kejadian tersebut Polres Bogor telah melakukan langkah-langkah yang betul-betul cepat. Pertama, dari Polsek langsung ke TKP, kemudian membawa saudari SM ke Polres. SM saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka,” tutur Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K.

Informasi yang didapat penyidik dari pihak keluarga SM mengungkapkan bahwa yang bersangkutan mengalami penyakit kejiwaan. Namun untuk memastikan hal tersebut, maka Polres Bogor melibatkan RS Polri untuk melakukan observasi apakah tersangka benar mengalami gangguan kejiwaan.

Penganangan Kasus ini berdasarkan dengan LP/A/122/VI/2019/JBR/ResBgr Tanggal 30 Juni 2019 dengan pelapor dari anggota Polsek Babakan Madang yang mendatangi TKP. Sehingga tidak menunggu lama dalam melakukan proses hukum. Di antara saksi-saksi yang diperiksa ada dua anggota Polsek Babakan Madang, yang salah satunya merupakan pelapor.

Dalam melakukan proses pemeriksaan, tersangka bersikap tidak kooperatif, keterangannya melantur, tidak konsisten, dan luapan emosi yang besar. Sehingga penyidik membawa tersangka ke RS Polri untuk dilakukan observasi.

“SPDP sudah dikirimkan dimana ini didasarkan dengan dua alat bukti. Yaitu dari keterangan saksi dan persesuaian-persesuaian, termasuk barang bukti yang diamankan, di antaranya pakaian dan alas kaki yang digunakan oleh tersangka saat di TKP,” jelas Kapolres Bogor, Andi Moch Dicky.

Polisi memperlihatkan alat bukti SM yang dipakai SM ketika membawa hewan peliharaannya anjing ke Masjid Al Munawaroh

Tehadap tersangka SM, lanjut Andi, penyidik menetapkan Pasal 156 a KUHP tentang Penodaan Agama.

“Kita pastikan bahwa kasus ini tetap dilaksanakan penyidikannya. Kalaupun ada alasan pemaaf, itu semua diputuskan di pengadilan sesuai aturan pada Pasal 44 ayat (2) KUHP,” sambung Andi.

Terkait munculnya kasus ini, Kabid Humas Polda Jabar Trunoyudo Wisnu, mengimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah Bogor dan Jawa Barat untuk tidak termakan atau terprovokasi isu hoax atau ujaran yang sifatnya kebencian.

“Polres Bogor bersama Ketua MUI, tokoh masyarakat, tokoh agama, termasuk juga tokoh tokoh agama Katolik telah memberikan permohonan maaf, khususnya warga di lingkungan Masjid Al Munawaroh,” ujar Wisnu.

Ia meyakinkan bahwa kasus ini tidak ada kaitan dengan apapun, tetapi lebih perkara pribadi SM. (A. Nurhidayat).

Berita Lainnya

Sule Digugat Cerai Istri karena Lebih Memilih Moge?

visioneernews

Semangat Hijrah, Narapidana Nusakambangan Ramai-ramai Hapus Tato

visioneernews

Petugas Imigrasi Amankan 17 WNA Afrika di Apartemen Kalibata City

visioneernews

Setelah Menahan Soenarko dan Kivlan Zein, IPW Desak Polri Segera Menahan Sofyan Jacob

visioneernews

Wiranto Diserang Orang Tak Dikenal dengan Sajam

visioneernews

Perempuan Tua Pensiunan PNS Jadi Korban Ketidakadilan Kasus Tanah

visioneernews